Pengendali Iklim Lokal Dusun Jurugan, Bangunkerto, Turi

Program Kampung Iklim/ProKlim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah. Kampung iklim dapat berupa wilayah administratif paling rendah setingkat rukun warga (RW) atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa, atau wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan.

Kegiatan ProKlim memiliki beberapa komponen yang dapat diamati diantaranya upaya adaptasi, yaitu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim; upaya mitigasi, yaitu serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam upaya menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca sebagai bentuk upaya penanggulangan dampak perubahan iklim; dan aspek yang mendukung keberlanjutan pelaksanaan pengendalian perubahan iklim di tingkat lokal.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman telah melaksanakan Lomba ProKlim Tingkat Kabupaten Sleman pada bulan Juni lalu dan Juara I diraih oleh Dusun Jurugan, Bangunkerto, Turi. Dusun Jurugan kemudian menjadi wakil Kabupaten Sleman untuk mengikuti Verifikasi Lapangan Lomba Program Kampung Iklim Tingkat Provinsi DIY Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2019. Berdasarkan hasil Verifikasi Lapangan oleh Tim Juri dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat beberapa catatan diantaranya perlu dibuat peraturan hitam di atas putih mengenai larangan merokok dan pemanfaatan biopori untuk membuat pupuk organik

Foto Kegiatan :

Upaya adaptasi di Dusun Jurugan dengan pemanfaatan biopori

 

Upaya mitigasi berupa penggunaan Solar Cell.

 

Salah satu desa yg juara Proklim dan mewakili Sleman di tingkat Propinsi DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *