Verifikasi Kalpataru Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2019

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman baru saja memulai rangkaian kegiatan Verifikasi Kalpataru Tingkat Kabupaten Sleman pada tanggal 20 Agustus 2019 yang lalu. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Seksi Pengendalian Kerusakan dan Konservasi Lingkungan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam pengendalian dampak perubahan iklim. Masyarakat baik perorangan maupun kelompok, yang telah melakukan usaha luar biasa dalam merintis, mengabdi, menyelamatkan dan membina Lingkungan Hidup akan diberikan penghargaan Kalpataru.

Pembina Lingkungan

Pengabdi Lingkungan

Penyelamat lingkungan

Perintis Lingkungan

Tahun 2019 ini terdapat 19 peserta Calon Penerima Penghargaan Kalpataru yang berasal dari 8 kecamatan di Kabupaten Sleman yaitu Kecamatan Tempel, Kecamatan Turi, Kecamatan Depok, Kecamatan Berbah, Kecamatan Ngaglik, Kecamatan Prambanan, Kecamatan Moyudan dan Kecamatan Seyegan. Kesembilanbelas peserta ini kemudian terbagi dalam 4 kategori penghargaan yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan dan Pembina Lingkungan.

Sebagai kandidat untuk kategori Pembina yaitu Ibu Lourentia Herliyanti (Bank Sampah APEL), Penyelamat : Kelompok Tani Makmur (Nurkholis), Pengabdi : Fitri Isnaini, S.Pt (PPL Depok) dan kategori Perintis : Purwoko (Ekowisata Gajah Wong).

Kegiatan verifikasi Kalpataru ini masih berlangsung dan dijadwalkan akan selesai pada tanggal 28 Agustus 2019. Bagi peserta yang lolos Verifikasi Kalpataru Tingkat Kabupaten di tahun ini, dapat mengikuti Verifikasi Kalpataru Tingkat Provinsi di tahun depan. Apabila lolos Verifkasi Kalpataru Tingkat Provinsi, dapat mengikuti Verifikasi Tingkat Nasional di tahun berikutnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *