Uji Kebocoran Jaringan Pipa Servis Air Limbah

Pekerjaan Jaringan Pipa Servis dan SR di IPAL Kawasan Kecamatan Berbah (paket 2) yang sedang dikerjakan oleh Penyedia Jasa (CV. MUSI JAYA) saat ini masih terus berlangsung. Program pembangungan jaringan air limbah kerjasama antara sAIIG dan Pemerintah Kabupaten Sleman ini tentu tak luput dari pengawasan yang intens. Untuk memastikan jaringan air limbah berfungsi dengan baik dan sesuai standar teknis, tentunya perlu dilakukan tes uji kebocoran pipa Servis dan pipa SR. Tes uji kebocoran ini telah dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Agustus 2019 di Dusun Kadisono, Tegaltirto, Berbah, Sleman. Tes uji kebocoran pipa dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Konsutan sAIIG, Penyedia Jasa dan Konsultan Pengawas.

“Adapun tujuan kegiatan ini untuk memastikan bahwa setiap sambungan dari Kamar Mandi, Cuci dan Kakus semuanya sudah tersambung ke sistem yang ada, sehingga tidak ada pengolahan limbah setempat  (on site). Semua diolah di IPAL yang ada (sistem off sistem) yang diharapkan lingkungan setempat tidak ada pencemaran tanah atau lingkungan sehingga setelah sistem ini terbangun, air tanah diharapkan bisa bebas dari bakteri pencemar/coli dan sebagainya dan lingkungan menjadi lebih sehat dan bersih”, tutur Purwo Riyadi, sAIIG PAO. “Tidak ada lagi limbah yang langsung dibuang ke saluran drainase atau langsung ke sungai” tambahnya.

Selain uji kebocoran test, nantinya dilanjutkan dengan commissioning test bagi rumah yang sudah tersambung ke jaringan, sehingga apabila nanti pekerjaan dinyatakan tidak lulus maka harus dilakukan perbaikan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *