UJI EMISI KENDARAAN BERMOTOR DALAM RANGKA HARI JADI KABUPATEN SLEMAN KE-102 TAHUN 2018

Masalah pencemaran udara terutama di kota-kota besar maupun pada pusat-pusat pertumbuhan ekonomi tinggi sudah menjadi masalah yang serius sepuluh tahun terakhir ini. Berdasarkan jumlah beban pencemaran udara maka pencemaran yang berasal dari emisi gas buang kendaraan bermotor merupakan sumber pencemar terbesar di kota-kota besar di Indonesia.  Pada dasarnya kondisi kualitas udara di Kabupaten Sleman relatif masih baik tetapi ada kecenderungan dari tahun ketahun mengalami penurunan kualitas seiring dengan makin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor.

Berdasarkan hal tersebut di atas dalam rangka memperingati Hari Jadi  ke 102 Kabupaten Sleman tahun 2018”, Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta  dan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan  Lomba Emisi Kendaraan Bermotor roda 4 milik instansi/Badan/Dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten sleman dan Uji Petik Emisi Kendaraan Bermotor roda 4 milik pribadi / umum. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah Kabupaten Sleman dalam pengendalian pencemaran udara. Rabu (25 April 2018)

Maksud dan Tujuan kegiatan uji emisi  yaitu mengukur besarnya emisi gas buang, mengetahui tingkat pemenuhan ambang batas emisi gas buang pada setiap jenis kendaraan, menganalisis dan evaluasi hasil uji emisi sebagai masukan untuk penyusunan kebijakan kendaraan bermotor roda 4.  Pencapaian pemeriksaan / uji emisi sebanyak 273 kendaraan dengan rincian 133 kendaraan dinas  ( target 80 kendaraan ) dan 140 kendaraan milik pribadi / umum. Pencapaian pemeriksaan / uji emisi sebanyak 499 kendaraan dengan rincian 3 (tiga)  kendaraan dinas  dan 496 kendaraan milik pribadi / umum. Total kendaraan yag diuji sebanyak  772  kendaraan bermotor roda 4. Biaya yang dikeluarkan dari kegiatan ini bersumber dari Dana APBD Kabupaten Sleman Tahun 2018.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *