Sosialisasi Rencana Pembangunan Jaringan Servis dan SR Depok paket 2

Air limbah domestik kalau tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan pencemaran lingkungan baik udara, tanah dan air. Kecamatan Depok merupakan daerah  perkotaan yang padat penduduk dengan segala fasilitas dan berbagai jenis kuliner, sangat berpotensi menghasilkan air limbah domestik.   Salah satu upaya untuk mengelola air limbah domestik dengan menggunakan SPALD-Terpusat skala perkotaan dan di DIY Ipalnya berada di Sewon Kabupaten Bantul, yang melayani Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman bagian selatan. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman pada tahun 2019 akan membangun jaringan servis dan SR di Padukuhan Gandok Kecamatan Depok untuk mengalirkan air limbah dari masing-masing rumah yang tadinya ke septiktank dialihkan ke jaringan  Ipal Sewon, sehingga pencemaran lingkungan dapat terkurangi/dicegah. Sosialisasi adalah langkah awal sebelum dimulainya pembangunan untuk menyamakan persepsi dengan warga masyarakat.

Maksud dan tujuan dari sosialisasi  :

  • untuk menyampaikan rencana pelaksanaan pembangunan kepada warga, sehingga masyarakat bisa mempersiapkan rumahnya, ikut melakukan pengawasan dan membantu kelancaran pelaksanaan pembangunan.
  • Memberikan pemahaman kepada warga masyarakat mengenai manfaat dari pengelolaan air limbah domestik dengan menggunakan jaringan terpusat
  • Memberikan pemahaman kepada warga masyarakat tentang dampak air limbah yang tidak dikelola dengan baik/ dibuang sembarangan

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Oktober 2019 bertempat di Balai Padukuhan Gandok Desa Caturtunggal Kecamatan Depok. Peserta sosialisasi adalah warga Padukuhan Gandok Desa Caturtunggal Kecamatan Depok yang akan dibangun sambungan rumah (yang air limbahnya akan dialihkan/dialirkan ke jaringan IPAL Sewon). Bertindak sebagai narasumber Kepala Seksi Pengelolaan Air Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman dan Konsultan pengawas PAO- dari program SAIIG. Dengan kegiatan sosialisasi tanggapan warga sangat antusias, karena beberapa warga sekitarnya sudah tersambung ke jaringan ipal sewon dan sudah merasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *