Sosialisasi Rencana Pembangunan IPAL Kawasan Depok

Jumat, 10 Juli 2020, Dinas Lingkungan Hidup telah melaksanakan solialisasi rencana pembangunan IPAL Kawasan Depok di Balai Pertemuan Padukuhan Papringan. Dimulai pada pukul 08.00 WIB sosialisasi berjalan lancar walau sedikit terlambat. Masyarakat turut hadir namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. Walaupun 40% kegiatan telah dihentikan karena dampak Covid, namun pembangunan IPAL kawasan Depok ini salah satu program yang tidak terdampak. Tujuan utama dari pembangunan ini ialah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kemudian, dengan pembangunan IPAL ini membuat masyarakat tidak harus membuat septic tank masing-masing yang kemungkinan air bersih terkontaminasi lebih besar. Sehingga kualitas air yang digunakan bisa selalu terjaga. Manfaat lain dari adanya rencana pembangunan IPAL Kawasan Depok ini ialah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dengan status Pekerja Harian Lepas (PHL) dengan upah UMR yang bekerjasama dengan komunitas warga sekitar.

“Rencananya instalasi pengolahan air limbah yang akan kita bangun ini totalnya nanti akan memiliki kapasitas pengolahan 2000 m3/hari atau setara dengan sekitar 4.000 sambungan rumah. Sehingga diharapkan dapat melayani sebagian besar warga,” jelas Bapak Dibyo dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW).

Suasana sosialisasi di Balai Pertemuan Padukuhan Papringan.

Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Depok, Desa Caturtunggal, Dukuh Papringan, dan tokoh-tokoh masyarakat sekitar. Sosialiasasi dibuka oleh Bapak Ir. Dwi Anta Sudibya. MT lalu diisi oleh pemberi materi utama perwakilan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) yaitu Bapak Dibyo. Diharapkan pembangunan ini bisa berjalan lancar sehingga diperkirakan akan bisa  beroperasi pada sekitar bulan Juni atau Juli 2021. Dinas Lingkungan Hidup juga akan selalu berusaha menjaga komunikasi dengan baik dengan masyarakat sekitar agar segala saran dan  aspirasi masyarakat dapat tersampaikan dengan baik demi kepentingan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *