SMPN GAMPING PEDULI SAMPAH

Permasalahan sampah di Kabupaten Sleman memang menjadi perhatian khusus sehingga mulai sekarang setiap orang wajib untuk mengelola sampahnya, terlebih sejak penutupan yang sempat terjadi di TPA Piyungan. Melihat kondisi itu seksi Persampahan DLH Kabupaten Sleman semakin giat dalam mengadakan pelatihan pengelolaan sampah agar menjadi produk yang memilki nilai jual. Peserta platihan pengelolaan sampah sebelumnya diambil dari kelompok masyarakat sekarang siswa siswi sekolah menjadi sasaran pelatihan agar pengelolaan sampah dikenal sejak dini

Pelatihan Pengelolaan Sampah di empat lokasi SMP Negeri Gamping, dilaksanakan pada:

  1. Senin, 26 Agustus 2019 di SMPN I Gamping
  2. Selsa, 27 Agustus 2019 di SMPN II Gamping
  3. Rabu, 28 Agustus 2019 di SMPN III Gamping
  4. Jumat, 30 Agustus 2019 di SMPN IV Gamping.

Peserta pelatihan adalah semua siswa siswi dan sebagian guru SMPN Gamping

Edukasi terkait pengelolaan sampah yang sangat penting bagi semua lapisan masyarakat termasuk di lokasi sekolah, pemerintah berharap sekolah terutama siswa/siswa mampu mengelola sampahnya. Pelatihan pengelolaan sampah diharapkan menjadi lembaga edukasi dan pemberdayaan sampah agar jadi produk-produk kerajinan yang memiliki nilai jual.

Siswa–siswi SMP Negeri Gamping diajarkan membuat produk-produk berkualitas dengan bahan baku sampah plastik yang memiliki nilai jual. Kerajinan yang dibuat diantaranya:

  • Keranjang buah dari botol bekas air mineral
  • Tas dari leher botol bekas air mineral (gelas)
  • Boneka dari tutup botol bekas air mineral

Akhir kegiatan DLH Kab Sleman berpesan agar siswa tidak membuang sampah sembarangan, setiap siswa diwajibkan untuk memilah sampah baik lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat, dan jangan membakar sampah karena menimbulkan asap yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan linkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *