“Penghargaan diserahkan oleh Ketua Ombudsman RI Prof Amzulian Rifai disaksikan Menpan RB Tjahyo Kumolo di Jakarta pada Rabu (25/11),” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Sleman Shavitri Nurmaladewi di Sleman, Kamis.

Menurut dia, kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik di Indonesia.

Meski kompetisi dilaksanakan di tengah pandemi ternyata tidak menyurutkan partisipasi peserta yang terdiri dari instansi pemerintah dan unit pengelola pelayanan.

Sedangkan Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan penghargaan tersebut akan memacu semangat Pemkab Sleman untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Pelayanan publik dapat mengelola pengaduan secara ideal, memaksimalkan keterlibatan masyarakat dalam monitoring dan evaluasi pelayanan publik, serta memanfaatkan data tersebut sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, aplikasi “Lapor Sleman” menjadi icon dari capaian Sleman Smart Regency dibuktikan dengan “Lapor Sleman” sebagai sistem pengelola pengaduan pelayanan publik terbaik tahun 2020.