Sebelum Dilantik, Calon Anggota Saka Kalpataru Sleman Ikuti Pendidikan Dasar dengan Berbagai Materi Khusus

SLEMAN — Bertempat di Desa Wisata Grogol, Margodadi, Seyegan, Sleman Dewan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru Cabang Sleman selenggarakan Pendidikan Dasar (Diksar) VI untuk para calon anggota saka dilanjutkan pelantikan anggota, Minggu (03/10/2021).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kak Totok Triyadi, S.Si. selaku Pamong Saka Kalpataru Sleman yang sekaligus bertindak sebagai pembina apel pembukaan.

Dalam amanatnya, Kak Totok menyampaikan tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Di sekolah, rumah, ataupun tempat kursus. Penting seorang pelajar harus melakukan pengaturan waktu dalam beraktivitas, termasuk dalam mengikuti kegiatan pramuka tentunya.

“Dengan membagi waktu, kakak-kakak belajar untuk membagi waktu antara berkegiatan pramuka dengan pelajaran di sekolah, maupun di bangku perkuliahan, sehingga kakak-kakak semua dapat fokus dalam melaksanakan segala aktivitas yang ada,” ujarnya.

Setelah apel, calon anggota mengikuti kegiatan penguatan krida yang dipandu oleh masing-masing pimpinan krida. Selain mendapatkan ilmu, calon anggota juga bisa melakukan praktik secara langsung mengenai materi yang telah diterima.

Calon anggota Saka Kalpataru Sleman juga mengikuti kegiatan outbound dengan tujuan untuk membangun kerjasama antar kelompok krida yang disusul dengan agenda pelantikan anggota.

Dalam upacara pelantikan, Kak Purwoko Sasmoyo, S.T., M.M. selaku Pembina upacara berpesan agar anggota yang telah dilantik dapat terus memperdalam ilmunya, terutama terkait mitigasi bencana.

“Contohnya adalah penanaman pohon serta menyediakan tempat sampah,” tegasnya.

Melalui kegiatan Diksar ini, peserta juga melakukan penanaman 100 bibit pohon yang terdiri dari 3 jenis tanaman, yaitu jambu kristal, durian musangking, dan kelengkeng dengan harapan dapat melakukan pelestarian lingkungan, mencegah banjir, dan menjaga ekosistem.