Sulap Limbah Kertas Menjadi Topeng

Sleman (23/02), Saka Kalpataru Sleman mengadakan latihan krida 3R dengan materi pembuatan topeng berbahan limbah kertas yang tak terpakai disulap menjadi topeng yang memiliki nilai estetik dan ekonomis.

Kegiatan yang di adakan oleh dewan saka kalpataru sleman ini bertujuan untuk menambah keterampilan anggota agar dapat memanfaatkan sampah yang ada. Karena sudah menjadi masalah utama kita dengan banyaknya sampah yang terbuang begitu saja sehingga dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan di sekitar kita.

Pada pembuatan topeng ini setiap orang diberikan adonan bubur limbah kertas yang sudah dicampur air dan lem kayu, satu buah mangkuk dan kertas koran utuh untuk mencetak topeng serta triplek sebagai alas membuat topeng. Mereka dipersihlakan untuk berkreatifitas sebebas mungkin.

Kegiatan ini bertempat di Sanggar Bakti Saka Kalpataru Sleman yang berada di UPTD Pelayanan Persampahan Kabupaten Sleman. Latihan krida merupakan agenda yang diadakan secara  rutin setiap bulannya yang mana bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi anggota saka.

Kegiatan tersebut dibuka oleh kak Totok Triyadi S.Si. selaku Pimpinan Satuan Karya Kalpataru Cabang Sleman. Beliau berpesan agar anggota dapat mempelajari pembuatan topeng dengan detail dan mendalam atas ilmu diberikan oleh kakak2 Dewan Saka. Sehingga diharapkan dapat membuat topeng dengan sebagus mungkin agar bisa memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Latihan krida kali ini dihadiri sebanyak 17 orang Calon Dan Anggota Saka Kalpataru Sleman serta 2 orang Dewan Kerja Cabang Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *