Saka Kalpataru Sleman Adakan Pengarahan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota saka, Saka Kalpataru Sleman adakan pertemuan untuk mempersiapkan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Acara ini diadakan secara daring melalui Media Zoom Meeting pada hari Senin, 14 Juni 2021.

Acara yang dihadiri oleh Kak Arif Wibowo SKM., M.M. Selaku Wakil Ketua Pinsaka Kalpataru Sleman, Pamong Saka, Pinsaka Bidang Organisasi, Pinsaka Bidang Kerjasama dan Kemitraan.

PKL merupakan latihan krida mandiri yang digunakan untuk mengaplikasikan secara langsung ketrampilan masing-masing krida dan juga proses pengembangan diri Anggota dan calon anggota saka.

Program kegiatan PKL ini nantinya akan di ikuti oleh Anggota dan juga Calon Anggota Saka Kalpataru Sleman yang dibagi menjadi 3 Krida, yaitu 3R (Reduse, Reuse, Reycle), Konservasi Keanekaragaman Hayati, dan Perubahan Iklim. Di dalam krida tersebut juga akan terbagi menjadi beberapa kelompok kecil.

Di dalam pelaksanaannya program PKL akan melibatkan berbagai mitra kerja Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sleman serta masyarakat. Sehingga mereka akan terjun langsung di lingkungan masyarakat seperti yang diajarkan dalam pramuka penegak dan pandega yang memiliki prinsip Tri Bina, salah satunya Bina Masyarakat.

Kak Arif berharap dengan adanya Program PKL ini dapat menambah wawasan Anggota dan Calon Anggota Saka Kalpataru Sleman untuk bisa mengurangi dampak kerusakan lingkungan, serta dapat menerapkan ilmu yang akan di dapatkan selama PKL.

“Kegiatan PKl ini sangat bermanfaat bagi kita semua untuk dapat menambah wawasan juga mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kita, sehingga harapannya kita lebih paham serta menambah keterampilan dalam mengelola lingkungan agar terjaga dari kerusakan,” Ucapnya.

Selanjutnya, kak Taufik Andi Wibowo selaku Ketua Dewan Saka Putra pada saat pemaparan teknis menyampaikan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2021 sampai dengan 11 Juli 2021. (Yus)