Rapat Uji Publik-2 Pembuatan Kajian Lingkungan Hidup Strategis RPJMD Kabupaten Sleman Tahun 2021-2025

Kegiatan rapat masih terus berlangsung di Dinas Lingkungan Hidup walaupun dengan perangkat bantu yaitu Zoom Cloud Meeting. Seperti hari ini, Senin 18 Mei 2020, telah diadakan Rapat Uji Publik-2 Pembuatan Kajian Lingkungan Hidup Strategis RPJMD Kabupaten Sleman Tahun 2021-2025 pada pukul 09.00 – selesai. Bertempat di Ruang Rapat Adipura kegiatan berlangsung lancar hingga akhir meski ada sedikit kendala teknis. Rapat ini dipimpin oleh Bapak Elvandro Rahaditya selaku tenaga ahli Dinas Lingkungan Hidup dan Ibu Rita Probowati ST, MT. selaku Kepala Seksi Kajian Lingkungan. Rapat ini dihadiri dari berbagai pihak seperti OPD, LSM, Perguruan Tinggi, CSR, Organisasi Masyarakat, NGO, dan pihak lain yang bersangkutan.

Suasana Uji Publik 2 Pembuatan Lingkungan Hidup Strategis RPJMD Kabupaten Sleman Tahun 2021-2025.

Tujuan KLHS RJMD sendiri ialah sebagai berikut:

  1. Melakukan analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam dokumen RPJMD.
  2. Sebagai instrumen untuk menerapkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dalam penyusunan RPJMD.
  3. Memanfaatkan hasil KLHS RPJMD dalam penyusunan dokumen RPJMD.

Sedangkan tujuan kegiatan Uji Publik 2 ialah sebagai berikut:

  1. Menyampaikan hasil penapisan isu prioritas dalam pencapaian pembangunan berwawasan lingkungan.
  2. Menyampaikan kondisi capaian indikator tujuan pembangunan berkelanjutan.
  3. Menyampaikan sasaran, arah kebijakan dan program kegiatan dan keterkaitan dengan aspek lingkungan hidup serta pembiayaannya.
  4. Menghimpun masukan dan saran terhadap program dan kegiatan, pembiayaan dan potensi kerjasama dalam pencapaiannya.

Setelah pemaparan materi oleh Bapak Elvandro Rahaditya dibuka sesi diskusi untuk membuka komunikasi dua arah. Kemudian, untuk saran atau masukan yang belum bisa terakomodasi secara online pada hari ini dan penandatanganan berkas yang diperlukan, bisa dikirimkan langsung ke Dinas Lingkungan Hidup. Sesuai dengan himbauan pemerintah untuk social and physical distancing Dinas Lingkungan Hidup memberikan waktu selama 3 hari untuk menerima saran atau masukan terhitung sejak hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *