Program Kali Bersih memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92

Sleman (28/10) Sejumlah organisasi peduli lingkungan hidup berkolaborasi melaksanakan Program Kali Bersih (Prokasih) bertempat di Kali Kuning, Sempu, Wedomartani, Ngemplak. Kegiatan yang diselenggarakan atas kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Satuan Karya Pramuka Kalpataru Cabang Sleman, Forum Komunitas Sungai Sleman dan Karang Taruna “Parikesit” Wedomartani ini dimulai dengan upacara peringatan Sumpah Pemuda ke-92 dengan tema Bersatu dan Bangkit.

Upacara di hadiri oleh Lurah Wedomartani, Panewu Ngemplak, Ketua DKC Sleman serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Saka Kalpataru Cabang Sleman, Ir. Dwi Anta Sudibya, MT. bertindak sebagai Pembina upacara. Kegiatan berlangsung semarak dengan keterlibatan berbagai komponen mulai dari sub unit karang taruna tingkat dusun se-Kalurahan Wedomartani, berbagai komunitas sungai di Kabupaten Sleman, dan Satuan Karya Pramuka Kalpataru Cabang Sleman dengan tetap menerapkan protokol pencegahan covid-19.

Kegiatan dilanjutkan dengan susur sungai sekaligus membersihkan sungai dari berbagai sampah yang terbawa oleh aliran sungai serta melepas bibit ikan endemik Sungai Kuning. Sungai Kuning di Dusun Sempu ini terawat kelestariannya sehingga air terlihat jernih dan sedikit sampah yang terbawa oleh aliran sungai. Kegiatan prokasih ini ditutup dengan Bincang Sungai yang memberikan kesempatan kepada setiap komponen peserta menyampaikan usul dan saran dalam rangka pelestarian ekosistem sungai. Narasumber dalam Bincang Sungai ini adalah

  1. Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY sekaligus Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat, Penanggulangan Bencana, dan Lingkungan Hidup Gerakan Pramuka Kwarda DIY, Krido Suprayitno, SE., M.Si.
  2. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman sekaligus Ketua Mabisaka Kalpataru Cabang Sleman, Dwi Anta Sudibya, MT.
  3. Ketua Forum Komunitas Sungai Sleman, AG Irawan.

Kegiatan Prokasih ini merupakan program berkala yang dilakukan oleh berbagai komunitas pelestari ekosistem sungai baik komunitas swadaya masyarakat maupun organisasi pendidikan nonformal Gerakan Pramuka melalui Saka Kalpataru di Sleman dengan dukungan penuh dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman. Harapan besar pemuda sebagai agen perubahan bersatu menjaga kelestarian ekosistem sungai dan bangkit memaksimalkan berbagai potensi jasa lingkungan dari sungai. (TAW-SKP Sleman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *