Pertemuan Jejaring Pengelola Sampah Mandiri Kabupaten Sleman

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman bersama Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) Sleman menggelar acara sarasehan pada hari Jumat, tanggal 20 September 2019 siang di Rumah Makan Muara Kapuas, Beran Tridadi Sleman.

Sarasehan digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota JPSM dalam Public Speaking dan perkenalan Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan Bapak Andri Harsoyo, ST.,M.Ec.Dev yang baru saja dilantik per tanggal 10 September 2019. Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan dalam sambutannya berterima kasih kepada semua tokoh dan anggota JPSM SEHATI atas partisipasinya dalam pengelolaan sampah, tanpa dukungan dan partisipasi  bapak ibu semua, pemerintah tidak mungkin dapat mewujudkan Program Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sleman.

Materi Public Speaking disampaikan oleh Andri Perdana ,ST., M.Eng yang menjabat sebagai Kepala Akademi Relawan Indonesia dan dosen UPN Yogyakarta. Materi Public Speaking sangat tepat disampaikan kepada anggota JPSM. Kemampuan dalam mengedukasi masyarakat untuk pengelolaan sampah menjadi produk dan karya seni yang memiliki nilai jual membutuhkan cara komunikasi  yang baik dan komunikatif. Harapan disampaikannya materi tersebut agar semua anggota JPSM mempunyai kemampuan dalam menyampaikan pesan/edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan persampahan.

Masalah yang sering muncul dalam Public Speaking adalah nervous/ kecemasan, teknik Publik Speaking dan penguasaan materi yang menyebabkan kecemasan dan grogi saat berbicara di depan umum. Cara mengatasinya adalah :

  1. Mempersiapkan dan melakukan latihan
  2. Mencari pengalaman
  3. Melakukan kegiatan fisik
  4. Menganggap demam panggung adalah hal yang wajar

Materi public speaking ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan semangat anggota JPSM agar dapat melakukan sosialisasi untuk memperluas jejaring pengelola sampah di tingkat dusun, desa hingga kecamatan. Sejauh ini JPSM berupaya untuk mengurangi sampah yang dibuang di depo dan TPS dengan memilah dan mengolah sampah menjadi barang yang lebih bernilai. Keberadaan JPSM sangat dibutuhkan dan dapat membantu dalam upaya pengelolaan sampah mandiri oleh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *