Pertemuan Jejaring Pengelola IPAL Komunal Asosiasi Kelompok Swadaya Masyarakat Sanitasi Seluruh Indonesia (AKSANSI)

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Seksi Pengendalian Pencemaran dan Pemulihan Lingkungan Hidup bersama Asosiasi Kelompok Swadaya Masyarakat Sanitasi Seluruh Indonesia (AKSANSI) telah menyelenggarakan Pertemuan Jejaring Pengelola IPAL Komunal Rumah Tangga Kabupaten Sleman pada Hari Selasa Tanggal 29 Oktober 2019. Pertemuan ini dihadiri oleh 132 peserta dari Kelompok Swadaya Masyarakat/Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KSM/KPP) se-Kabupaten Sleman dan dibuka secara resmi oleh Dra. Sri Hartati, selaku Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman.

Pertemuan Jejaring Pengelola IPAL Komunal Rumah Tangga ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Evaluasi Lapangan Sanitasi Award Tahun 2019 yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 September 2019. Sanitasi Award ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi dan monitoring terhadap sarana sanitasi yaitu Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal (IPAL) Komunal Rumah Tangga yang sudah dibangun dan difungsikan. Pelaksanaan Sanitasi Award terbagi menjadi 2 (dua) hari, pada Tanggal 11 September 2019 dilakukan Pemaparan Presentasi setiap masing-masing KSM/KPP dan pada Tanggal 12 September 2019 Pengecekan Lapangan ke IPAL Komunal Rumah Tangga setelah dilakukan pemaparan presentasi setiap masing-masing KSM/KPP.

Hasil Monitoring Evaluasi Lapangan Sanitasi Award disampaikan pada pertemuan ini, memberikan saran dan masukkan dari hasil identifikasikan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Dalam Pertemuan Jejaring Pengelola IPAL Komunal Rumah Tangga ini, disampaikan Hasil Penilaian Sanitasi Award Tahun 2019 untuk mengapresiasikan dan memberi perhatian atas kinerja pengelolaan KSM/KPP IPAL Komunal Rumah Tangga yang telah dilakukan. Hadiah diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Ir. Dwi Anta Sudibya, M.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *