Peninjauan Bank Sampah dan TPS 3R oleh Tim Adipura Provinsi DIY

Adipura merupakan sebuah penghargaan dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diberikan kepada  kabupaten atau kota yang dinilai keberhasilan dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

Program Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup dengan dasar penilaian dari dua aspek meliputi kondisi fisik dilihat dari kebersihan dan keteduhan lingkungan. Sedangkan non fisik mengenai institusi, manajemen dan daya tanggap mengelola lingkungan.

Kabupaten Sleman pada tahun 2017 pernah mendapatkan penghargaan Adipura dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang diterima langsung oleh Bupati Sleman. Sistem penilaian Adipura kedepan berfokus pada aspek persampahan yang meliputi 5 kriteria:

  • Memiliki TPA dengan sistem Sanitary Lendfill.
  • Memiliki TPA dengan sistem Control Lendfill.
  • Penanganan sampah lebih dari 50%.
  • Penanganan sampah kurang dari 50%.
  • Sudah menyusun Kebijakan dan Stategi Daerah (Jakstrada) dalam pengelolaan sampah.

Tim Adipura Provinsi DIY yang dipimpin oleh Ir. Koncoro HP.MMA sebagai Kepala Bidang Penataan, Pengkajian dan Pengembangan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY pada hari Rabu, 18 September 2019 melakukan peninjauan lokasi ke TPS 3R dan bank sampah. Tim pertama melakukan peninjauan ke: TPS Purwoberhati, bank sampah apel, bank sampah kasturi, TPS 3R maxicana, TPS randu alas, TPS brama muda, bank sampah GTA dan SD Negeri Tlacap. Tim kedua melakukan peninjauan ke: Bank sampah karisma, bank sampah sapu lidi, bank sampah Kalanglo, bank sampah Karangbajang, TPS 3R ben resik, TPS kenanga dan TPS amarta.

Dari hasil peninjauan lokasi disampaikan oleh ketua tim bahwa masih terdapat TPS 3R yang belum melakukan pemilahan sampah. Diharapkan penanganan sampah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah dan warga masyarakat. Untuk itu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi DIY senantiasa mengajak kepada warga masyarakat Sleman untuk berpola hidup Ramah Lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *