Peningkatan Wawasan Duta Wisata Dalam Kunjungan Kerja DLH Pemkot Banjarmasin

 

Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Banjarmasin pada hari Rabu, tanggal 16 Oktober 2019 mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman dalam kegiatan pengelolaan sampah, pembentukan bank sampah dan program kampung iklim. Acara kunjungan kerja dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Sosial Bpk Drs. H. Gazi Ahmadi didampingi Kepala Bidang Kebersihan serta Kepala Bidang Tata Lingkungan beserta Duta Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Banjarmasin dan diterima oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup didampingi Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup beserta Kepala Seksi Pengelola Persampahan.

Di dalam kunjungan tersebut dijelaskan bagaimana kebijakan pengelola sampah di Kabupaten Sleman yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. Adapaun yang erkaitan dengan strategi pengurangan dan penanganan sampah telah ditetapkan Jakstrada Kabupaten Sleman dengan strategi pengurangan sampah rumah tangga 30 % dan penanganan sampah rumah tangga sebesar 70 %. Beberapa inovasi pengelolaan sampah di Kabupaten Sleman telah dibentuk kelembagaan Kelompok Pengelola Sampah Mandiri (KPSM) dengan salah satu bentuk Bank Sampah hingga saat ini telah terbentuk sejumlah 236 KPSM. Untuk meminimalisir adanya pembuangan sampah liar telah dilaksanakan kegiatan Patroli Sampah Liar (PASALI) bekerja sama dengan Satpol PP, POLRES, Kecamatan, Desa, dan masyarakat setempat.

Program kampung iklim sebagai dasar utama meliputi tiga kegiatan, antara lain adaptasi, mitigasi, kelembagaan dan dukungan dengan fokus utamanya pada pengelolaan sampah. Kegiatan kampung iklim sebagai embrionya diawali dari kegiatan Green and Clean yang dilaksanakan pada 17 kecamatan dan semua kecamatan mendapatkan apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman yang dibagi dalam kategori Gold, Silver, dan Blue.

Kegiatan Green and Clean sebagai Juara I kita kirim ke Propinsi DIY dan Juara I, II, III kita kirim ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta. Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Sleman telah mencapai prestasi kampung iklim hingga tingkat Nasional sejumlah 6 (enam) padukuhan di wilayah Sleman. Acara kunjungan kerja dilanjutkan ke lokasi juara kampung iklim tingkat Nasional di Dusun Pendulan, Sumberagung, Moyudan, Sleman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *