Pemantauan Kualitas Air Bersih (Air Sumur) Tahun 2020

Dalam upaya  pengendalian pencemaran air tanah dan untuk mengetahui kualitas air bersih yaitu air sumur, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman akan melaksanakan  pengujian laboratorium di 50 titik lokas di 32 IPAL yang dilakukan selama 10 hari. Pemeriksaan kualitas air sumur tersebut dilakukan di wilayah Kabupaten Sleman yang memiliki pemukiman padat penduduk dan terdapat serta sebagai pengguna IPAL komunal rumah tangga atau IPAL industri berbasis masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan UPTD Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan UPTD Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan telah menetapkan jadwal pelaksanaan pengambilan sampel air sumur bersama dan melakukan pengujian laboratorium pada minggu ke-3 bulan Juli 2020. Dalam melaksanakan pengujian ini Dinas Lingkungan Hidup menggunakan standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan air untuk keperluan higiene sanitasi yang kemudian diuji laboratorium dengan parameter fisika, kimia dan mikrobiologi.

Pengujian ini telah dimulai sejak hari Senin, 13 juli 2020 dan akan berahkir pada 28 Juli 2020. Pada Rabu, 15 Juli 2020 tim jadwal dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman dan UPTD Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman ialah mengunjungi IPAL komunal rumah tangga KSM/PP “Sembur Sejahtera”, Sembur, Tirtomartani Kalasan dan IPAL komunal rumah tangga KSM/KPP “Sembir Asri”, Sembir, Madurejo, Prambanan.

“Harapannya proses pengujian ini dapat berjalan lancar dan IPAL komunal yang telah dan akan dikunjungi dapat memperoleh hasil baik dari pengujian ini yaitu tidak ada pencemaran yang dapat mengganggu sumber air bersih masyarakat, namun apabila keluar dari baku mutu akan dilakukan evaluasi dan perlakuan agar sesuai baku mutu persyaratan,” tambah Mela salah satu tim yang bertugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *