Pelatihan Pengomposan di Babadan Baru, Kentungan, Depok

Pada Hari Selasa 20 Oktober 2020 bertempat di rumah Bp.Fauzi, Gg Teratai No 1 Babatan Baru RT 07/50 Kentungan diadakan pelatihan pengomposan yang dihadiri Lurah Condongcatur  dan kelompok Bank Sampah Mawar Indah di Babatan dan masyarakat lain yang bisa terkumpul hingga 30 peserta, pembukaan dan sambutan disampaikan oleh Lurah Condongcatur Bapak Reno Candra. Pada kesempatan tersebut Bapak Reno Candra mengucapkan banyak rasa terimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup yang telah memfasilitasi dan memberikan bimbingan pelatihan kompos dan pengelolaan sampah.

Bimbingan dan arahan dari narasumber Bapak Haryadi

Dengan diadakanya pelatihan pengelolaan sampah ini pemerintah desa berharap Bank Sampah Mawar Indah di Babatan Baru benar – benar mampu mengelola dan memanfaatkan sampah organik menjadi kompos. Melalui narasumber yang mewakili Dinas Lingkungan Hidup Bp. Haryadi menjelaskan kepada peserta pelatihan yaitu kelompok Bank Sampah Mawar Indah bahwa jenis sampah yang sering dikomposkan adalah: sampah dapur, sampah kebun, sampah pertanian, sampah peternakan, sampah pertukangan, sampah pasar.

Untuk model pengomposan yaitu :

  • Model lubang tanah
  • Lubang piopori
  • Lubang biopot
  • Komposter
  • Bak kompos komunal
  • Model Open Windrow ( membuat tumpukan/gundukan)
Pengecekan suhu peserta pelatihan sebelum acara dimulai

Untuk mempercepat proses pengomposan perlu membuat bioaktivator/inokulen/ mikroorganisme pengurai. Setiap orang wajib mengurangi sampah dan mengatasinya karena permasalahan yang ada di Bank sampah adalah kesadaran masyarakat kurang, sampai saat ini Bank Sampah Mawar Indah baru mempunyai pelanggan sekitar 25 pelanggan. Harapan setelah dilaksanakan pelatihan ini adalah masyarakat bisa mengolah sampah organik menjadi kompos, kompos yang dihasilkan akan dimanfaatkan untuk kegiatan KWT di Babadan Baru.

Bapak Haryadi memberi pengarahan kepada peserta pelatihan