Program Inovasi Patroli Sampah Liar

Patroli sampah liar adalah salah satu program inovasi unggulan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman. Program ini buah hasil pemikiran dari polemik sampah yang terjadi dimasyarakat. Seperti yang kita tahu bahwa sampah masih menjadi salah satu masalah yang paling dekat dengan masyarakat dikarenakan kesadaran masyarakat yang masih terbilang sangat minim. Walau sudah banyak imbauan dan larangan tentang pembuangan sampah liar, namun belum bisa banyak merubah keadaan sekarang ini yang dimana di pinggir-pinggir jalan, di sungai-sungai, dan bahkan di sawah-sawah, masih banyak sampah liar masih berserakan. Hal ini jelas sangat mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Patroli ini dilaksanakan khusus pada jam-jam tertentu dan tempat-tempat tertentu yang sekiranya berpotensi terjadinya pembuangan sampah liar cukup besar. Baru-baru ini pada Sabtu (1/08/2020) pukul 19.00 sampai dengan 24.00 WIB, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman nmelakukan patroli sampah liar di Desa Tlogodadi dan Desa Tirtoadi. Dengan melibatkan perangkat desa setempat, Satuan Polisi Pamong Praja, Bintara Pembina Desa, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dan tentunya warga masyarakat yang membuat patroli sampah liar ini berjalan lancar dan dapat dengan optimal membersihkan sampah-sampah liar yang berserakan. Mulai dari evakuasi sampah liar, pemasangan plat larangan pembuangan sampah, sampai pemasangan jaring-jaring/net di sepanjang jalan.

Tim gabungan Patroli Sampah Liar.

“Program Patroli Sampah Liar ini diharapkan dapat dengan efektif membantu mengurangi sampah liar. Harapan untuk masyarakat agar kesadaran untuk menaati larangan pembuangan sampah liar dapat meningkat,” ujar Sri Restuti Nurhidayah, ST, M.Eng selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Persampahan (UPTD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *