Meskipun di Tengah Pandemi, Musyawarah III Saka Kalpataru Cabang Sleman Tahun 2021 Tetap Diselenggarakan

Minggu (31/01/2021). Bertempat di Ruang Rapat Unit Pelaksana Teknisk (UPT) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, dilaksanakan pembukaan Musyawarah Saka Kalpataru Cabang Sleman.Pembukaan Musyawarah Saka kalpataru tahun 2021 (ketiga) tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang pengendalian lingkungan hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Kak Purwoko Sasmoyo S.T., M.M., selaku Pimpinan Saka Kalpataru Sleman, perwakilan dari Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat Cabang (DKC) Sleman, dan segenap anggota Saka Kalpataru Sleman.

Dalam sambutannya mewakili Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sleman, Kak Purwoko menegaskan bahwa pihaknya .akan terus memfasilitasi dan mendukung segala kegiatan positif dari Saka Kalpataru Sleman.Lebih lanjut Kak Purwoko berpesan agar kegiatan yang dilaksanakan oleh Saka Kalpataru Sleman adalah kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan meskipun di masa pandemi ini.

“Dikarenakan saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, kami tetap membatasi kegiatan yang bersifat luring,” tegasnya, dilanjut dengan pembukaan secara resmi Musyawarah Saka Kalpataru Sleman tahun 2021.
Dalam kesempatan yang sama, disampaikan pula laporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana Musyawarah Saka Kalpataru tahun 2021, Kak Yusuf Wijayanto, yang juga merupakan Ketua Dewan Saka Kalpataru masa bakti 2019-2021. Harapan Kak Yusuf melalui Musyawarah tersebut akan dapat memilih nahkoda baru bagi Saka Kalpataru Kwarcab Sleman. Lebih jauh lagi Kak Yusuf juga menginginkan agar ke depannya nahkoda tersebut dapat memimpin dan memajukan Saka Kalpataru Kwarcab Sleman.

Salah satu hasil dari musyawarah ini adalah terpilihnya Ketuan Dewan Saka Kalpataru Sleman masa bakti 2021-2023 Poses pemilihan Ketua Dewan Saka Kalpataru tersebut diikuti oleh kurang lebih 21 orang anggota Saka Kalpataru Sleman yang mewakili lebih dari 50% peserta sidang yang seharusnya hadir.Dalam pemilihan Dewan Saka masa bakti 2021-2023 tersebut telah terpilih Kak Taufiq Andi Wibowo sebagai Ketua Dewan Saka Putra dan Kak Ima Fatimatus Zahra sebagai Ketua Dewan Saka Putri.

Selain itu dalam musyawarah ini telah disampaikan dan ditetapkan antara lain: Laporan Pertanggungjawaban Dewan Saka Kalpataru Cabang Sleman masa bakti 2019-2021, Laporan Pelaksanaan Pembinaan Saka Kalpataru Cabang Sleman, Evaluasi dari Laporan Pertanggungjawaban dan laporan pembinaan, Rencana Kerja Saka Kalpataru Cabang Sleman 2021-2023, serta pemilihan Dewan Saka masa bakti 2021-2023.

Hasil pembahasan dan penetapan tersebut oleh presidium Musyawarah ditetapkan menjadi Hasil Musyawarah Saka Kalpataru Tahun 2021. Seluruh rangkaian acara musyawarah Saka Kalpataru Sleman ditutup oleh Kak Bambang Pamungkas sebagai perwakilan dari pimpinan Saka Kalpataru Sleman. Dalam sambutannya, Kak Bambang menegaskan bahwa seluruh peserta yang hadir tersebut telah memegang salah satu syarat dalam penempuhan Pramuka Garuda. Kak Bambang juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu perjalanan bakti yang layak disandang oleh seorang Pramuka Penegak Pandega. “Saya berharap seluruh ilmu yang diperoleh dari Satuan Karya dapat diterapkan kembali di pangkalan masing-masing,” ujar Kak Bambang.

Upacara penutupan musyawarah ditandai dengan penyerahan palu sidang dan dokumen hasil keputusan musyawarah dari Ketua Presidium sidang Kak Primadina Zalzala kepada Kak Bambang Pamungkas. Kak Yusuf Wijayanto selaku Ketua Dewan Saka Demisioner Saka Kalpataru Kwarcab Sleman merasa bangga dan mengapresiasi kehadiran seluruh peserta musyawarah Saka Kalpataru.Kepada dewan saka masa bakti 2019-2022, Kak Yusuf memberikan ucapan selamat dan berharap agar dapat memimpin Saka Kalpataru Kwarcab Sleman untuk menjadi dewan saka yang dapat membawa nama baik Saka Kalpataru Sleman.

Seluruh rangkaian Musyawarah Saka Kalpataru Cabang Sleman tahun 2021 tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan menjaga jarak antar peserta musyawarah, memakai masker sepanjang kegiatan, mencuci tangan, memeriksa suhu serta menggunakan alat pelindung diri berupa sarung tangan.

Karunya Saka Listianto|Saka Kalpataru Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *