Merti Kali Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman Ke – 102

Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman Ke – 102 tahun 2018 Kabupaten Sleman mengadakan acara Merti Kali yang di adakan di Padukuhan Jaban, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. (Minggu, 13 Mei 2018)
Merti Kali adalah wujud kearifan lokal masyarakat untuk menjaga kelestarian sungai yang mengandung nilai luhur untuk menjaga sinergitas (melindungi dan menjaga kelestarian) kehidupan manusia dengan lingkungannya. Dalam kegiatan Merti Kali terkandung ucapan syukur kepada Tuhan YME sebagai pengingat dan menghentikan sifat manusia agar tidak mengeksploitasi sungai (membuang limbah baik domestik maupun industri) yang merusak lingkungan. Keterlibatan masyarakat ini dalam menata sungai guna mencapai kualitas lingkungan sungai yang lebih baik.

Tujuan dari Merti Kali adalah menumbuhkan rasa kebersamaan, kesadaran, kepedulian masyarakat dan pemerintah dalam menjaga dan memelihara kelestarian sungai seperti tidak membuang sampah, limbah baik domestik maupun industri, tidak merusak ekosistem/habitat biota air sungai sehingga manfaat sungai dapat digunakan secara maksimal.  Acara terserbut dimulai sejak pukul 08.00 s/d selesai.

Diawali dengan pengambilan air dari mata air Sendang Jongke yang kemudian dikirab dari Makam Dr. Wahidin Soediro Hoesodo Mlati menuju kearah barat dan berakhir di Jembatan Mraen.
Rangkain tersebut menurut Kepala DLH Drs. Purwanta M.Si, merupakan bagian dari program kali bersih untuk menjaga kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan dengan mempertahankan mata air agar secara kuantitas air tidak kering dimusim kemarau serta secara kualitas air tetap terjaga kebersihannya.
“Dalam Merti Kali ini kami mengangkat tema mengedepankan nilai-nilai budaya dalam mewujudkan peradaban masyarakat bantaran Winongo untuk mewujudkan Sleman yang sehat lahir batin”, jelas Purwanto.

Acara Merti Kali tahun ini seperti biasanya mengundang Bapak Bupati Kabupaten Sleman Bapak Drs. H. Sri Purnomo. MSi, DPRD Kabupaten Sleman, Pengadilan Negeri Sleman, Kejaksaan Negeri Sleman, POLRES Sleman, KODIM Sleman, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ), Badan Lingkungan Hidup (BLH) DIY, Badan/Dinas Instansi Terkait Jajaran Pemda Kabupaten Sleman, Camat se wilayah Kabupaten Sleman, Kepala Desa se wilayah Kabupaten Sleman, Anggota Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Aktivis Lingkungan/Komunitas Penggiat Lingkungan dan Sungai, Kalangan Perguruan Tinggi, Saka Kalpataru Sleman, Masyarakat Padukuhan Jaban, Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Adapun kegiatan acara antara lain adalah Master Plan Penataan Kawasan Sungai Boyong Hasil Kuliah Kolaborasi UGM dan AUJ Yogyakarta, Laboratorium Alam Mini Hidro Sungai Boyong, Penebaran bibit ikan Endemik oleh Bapak Bupati Kabupaten Sleman, Penanaman pohon oleh Bapak Bupati Kabupaten Sleman, Profesi Ritual Budaya Merti Kali dan Mocopatan, Pemotongan tumpeng hajat Merti Kali dan tumpeng deklarasi FKSS, Lomba mewarnai dan menggambar anak-anak, memasak, memancing dan kegiatan lainnya.

 

 

 

Foto lainnya :


 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *