Lustrum Saka Kalpataru Sleman Melaksanakan Kerja Bakti Sungai Bersama Masyarakat

 

Kegiatan kerja bakti sungai diselenggarakan oleh Saka Kalpataru Sleman dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-5 dan Hari Bapak Pramuka Indonesia. Kegiatan dengan tajuk “Pramuka Sobo Kali” ini dilaksanakan bersama Forum Komunitas Sungai Klanduhan, Masyarakat RW 04 Perumnas Minomartani, Ngaglik dan Dewan Saka se-Kwarcab Sleman. Kegiatan dihadiri oleh Kwarda Gerakan Pramuka DIY, DLH Sleman, Forum Komunitas Sungai Sleman, dan DKC Sleman.

Kegiatan dimulai dengan resik kali dengan membersihkan sampah organik di sungai klanduhan. Kemudian dilanjutkan konservasi di tepi sungai dengan penanaman pohon buah dan pohon kalpataru yang termasuk pohon langka. Pohon Kalpataru merupakan simbol dari Saka Kalpataru. Terdapat pula pelepasan burung trucukan/trotokan berjumlah 30 ekor untuk menjaga kelestarian fauna.

Puncak kegiatan dilaksanakan Srawung Kali bertempat di Ruang Terbuka Hijau Ramah Anak RW 04. Dias Oktri, Ketua DKC Sleman menyampaikan “telah 5 tahun, Saka Kalpataru Sleman berproses membina generasi muda untuk menjadi pelopor pelestari lingkungan hidup yang akan terus berlanjut dan berkembang”. Djoko Martono, Ketua Forum Komunitas Sungai Klanduhan menambahkan “Saka Kalpatarulah yang nantinya akan meneruskan perjuangan menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya sungai”.

Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Sleman sekaligus Ketua Pinsaka Kalpataru Sleman dalam sambutannya mengungkapkan “bulan april ini terdapat hari jadi Saka Kalpataru Sleman dan lahirnya Bapak Pramuka Indonesia. Sejak 30 tahun lalu, Pramuka telah menjadi bagian dalam perjalanan hidup saya”. Kemudian ucapan terima kasih disampaikan oleh Taufiq Andi, Ketua Dewan Saka Kalpataru Sleman “terimakasih telah menemani kami berproses hingga sudah berjalan 5 tahun ini, semoga terus menjadi pelopor pelestari lingkungan hidup melalui Gerakan Pramuka”. Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng.