Lomba Uji Emisi Kendaraan Bermotor ASN dan Uji Emisi Kendaraan Umum

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, DIY, kembali mengadakan uji emisi kendaran. Selain menguji emisi kendaraan  untuk masyarakat umum, kendaraan-kendaraan dinas Pemkab Slemanpun di uji sekaligus diadakan kompetisi antar kendaraan ASN sebagai wujud turut bertanggung jawabnya kendaraan ASN terhadap kualitas emisi gas buang.

Seperti biasanya DLH Sleman bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk menguji emisi kendaraan bermotor yg biasanya dilakukan mahasiswa Teknik Mesin UNY yang dibantu pula dari P3EJAWA Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dibimbing oleh Dosen Teknik Otomotif FT UNY, Sutiman mahasiswa Teknik Mesin UNY dan Staff DLH Sleman menguji hampir 403 unit dari target 500 kendaraan umum secara gratis dan 125 kendaraan dinas ASN. 80 persen dari 110 kendaraan ASN lolos uji emisi.

Pada pembukaan kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dwi Anta Sudibya ikut menguji emisi mobil dinas Bupati Sleman yang mendapat pengecekan pertama kali.

“Hasilnya dinyatakan lulus uji HC-nya hanya 0,04,  dengan batas kelulusan HC-nya 200, dan kendaraan2 dinas ASN ini bisa menjadi contoh kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga dan merawat kendaraan bermotor agar tidak mencemari lingkungan sekitar” Ujar Dwi Anta Sudibya

Untuk peserta lomba kendaraan dinas dipilih kejuaraan masing-masing dari juara I hingga juara IV dengan diberikan piagam dan Piala yang rencananya akan disampaikan oleh Bupati  pada saat Resepsi Hari Jadi ke-103 Kabupaten Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *