Lomba Pembuatan Film Dokumenter Bidang Lingkungan Hidup Tahun 2020

Lomba dokumenter bidang lingkungan hidup ini sebelumnya rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Oleh karena itu, lomba pembuatan film dokumenter kembali diadakan pada tahun 2020. Antusias dari peserta lomba yang ditujukan kepada pelajar ini juga sangat tinggi dilihat dari banyaknya hasil karya yang dikirimkan kepada Dinas Lingkungan Hidup. Sebanyak 22 film karya pelajar se-Kabupaten Sleman turut meriahkan lomba pembuatan film dokumenter bidang lingkungan hidup tahun 2020. Setelah serangkaian seksi penilaian dari 22 film tersebut terpilihlah 5 besar kandidat yang akan melaju ketahap selanjutnya yaitu tahap persentas yang berlangsung pada Hari Rabu, 23 Juli 2020.

5 besar kandidat tersebut ialah berasal dari SMAN 1 Sleman dengan judul Tak Terhiraukan, SMA Kolese De Britto dengan judul Dunia (Tidak) Baik-Baik Saja, SMKN 1 Godean Tim 2 dengan judul Memulai untuk Masa Depan, SMAN 1 Prambanan dengan judul Melangkah Menuju Sleman Bebas Sampah, dan SMK Muhammadiyah Prambanan dengan judul Ramah Sampah di Sekolah. 5 besar kandidat ini telah ditentukan oleh kedelapan juri yang telah menilai yaitu Bapak Rifangi Setiawan, S. Pt. dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Bapak Suhartono dari Dinas Pendidikan, Bapak AG. Irawan, ST dari Pimpinan Tabloid Remaja Bias Yogyakarta, Bapak Drs. H. Suharto dari Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Bapak Dr. Drs. Sudono, M.Si dari Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC”, Bapak Ivhal Ilyas, S.Sos, M.A., M. Ec. Dev dari Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Bapak Muh. Yasir dari Dinas Kebudayaan, dan Ibu E. Mustika Dewi, SH selaku Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas dan Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman.

Pemaparan kritik dan saran dari salah satu juri yaitu Bapak Dr. Drs. Sudono, M.Si selaku pembantu ketua 1 bidang akademik STMM (Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC”) Yogyakarta

Pada tahap penilaian persentasi ini, isi dari materi persentasi yang disampaikan menjadi salah satu nilai penunjang dalam penilaian. Bagaimana masing-masing sekolah dapat mengemukakan ide film yang dibuat secara lebih detail sepeti tujuan, latar belakang, proses pembuatan film dan lain sebagainya. Proses penilaian persentasi ini berjalan lancar. Masing-masing perwakilan sekolah memberikan penampilan terbaik agar bisa menyabet juara pertama.

Perwakilan tim dari SMAN 1 Prambanan.
Perwakilan tim dari SMA Kolese De Britto.
Perwakilan tim dari SMKN 1 Godean Tim 2.
Perwakilan tim dari SMK Muhammadiyah Prambanan.
Perwakilan tim dari SMAN 1 Sleman.

Setelah persentasi selesai, pengumuman langsung diumumkan pada hari ini juga. Hasil penilaian dari masing-masing juri kemudian diakumulasikan untuk menentukan urutan juaranya. Pada ahkhirnya, juara pertama diraih oleh SMAN 1 Prambanan dengan perolehan skor total 3.211, ditempat kedua diraih oleh SMAN 1 Sleman dengan perolehan skor total 3.201, ditempat ketiga diraih oleh SMK Muhammadiyah Prambanan dengan perolehan skor total 3.157, diikuti oleh juara keempat dari SMA Kolese De Britto dengan perolehan skor total 3.149, dan ditempat terkhir ialah SMKN 1 godean Tim 2 dengan perolehan skor  total 3.101.

Pembacaan pengumuman pemenang lomba oleh Ibu E. Mustika Dewi, SH selaku Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas dan Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman.

“Besar harapannya dari Dinas Lingkungan hidup agar nilai-nilai kepekaan akan peduli lingkungan dapat berlanjut secara terus menerus dan berkelanjutan. Untuk para pemenang dengan karyanya dan seluruh pelajar di Kabupaten Sleman juga diharapkan dapat menjadi agenda perubahan untuk lingkungan yang lebih baik. Dinas Lingkungan Hidup juga mengucapkan terimakasih untuk seluruh pelajar di Kabupaten Sleman atas partisipasinya,” ujar Ibu E. Mustika Dewi, SH selaku Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas dan Peran Serta Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman yang juga sebagai salah satu juri lomba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *