Kunjungan Kerja Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Way Kanan Lampung

DPRD Kabupaten Way Kanan Lampung pada hari Kamis, tanggal 2 Mei 2019 mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman mengenai strategi memperoleh penghargaan Adipura. Kunjungan Kerja dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD didampingi oleh Ketua Komisi III dan beberapa anggota DPRD diterima oleh Sekretaris DLH didampingi oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Sleman pada tahun 2013 mendapatkan penghargaanAdipura. Pada tahun 2015 mendapat Plakat Adipura kategori terminal terbaik selanjutnya pada tahun 2017 meraih kembali penghargaan Adipura sekaligus Juara Nasional Program Kampung Iklim (PROKLIM) di daerah Salam, Merdikorejo Tempel.

Penilaian Adipura meliputi dua aspek, yaitu penilaian fisik (bobot 95%) dan non fisik (bobot 5%). Meskipun aspek non fisik hanya memiliki bobot 5%, namun harus dilaksanakan dan wajib dilaporkan ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Strategi dalam memperoleh dan mempertahankan Adipura adalah komitmen kepala daerah yang didukung oleh seluruh komponen Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk lembaga legislatif (DPRD). Dukungan penganggaran untuk pemenuhan sarana dan prasarana kebersihan serta penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sangat diperlukan. Komponen fisik yang meliputi sekolah, pasar, pelayanan kesehatan (Rumah Sakit dan Puskesmas), terminal, saluran terbuka, bank sampah (termasuk keberadaan bank sampah induk) adalah merupakan titik pemantauan Adipura yang harus dipersiapkan. Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah memiliki bobot penilaian yang tinggi sehingga menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung perolehan Adipura.
Pengelolaan sampah di Kabupaten Sleman dalam upaya pengurangan dan pelayanan sampah telah ditetapkan Peraturan Bupati Sleman Nomor 33.2 tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Kabupaten Sleman dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah sejenis Sampah Rumah Tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *