Kunjungan Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal dan Kiat-kiat Mewujudkan Sekolah Adiwiyata

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Drs. Agus Subagyo, M.M beserta jajarannya, pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2019 mengadakan kunjungan kerja di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman dengan sasaran tentang Program Sekolah Adiwiyata. Acara kunjungan diterima oleh Kepala DLH Kabupaten Sleman Ir. Dwi Anta Sudibyo, MT. Maksud dan tujuan kunjungan kerja tentang bagaimana kiat-kiat mewujudkan sekolah Adiwiyata sehingga dapat mencapai prestasi sebagai Juara I sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Program Adiwiyata merupakan program untuk menjadi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman dalam upaya mewujudkan sekolah Adiwiyata dilakukan melalui berbagai pemberian fasilitas sarana dan prasarana, antara lain resapan air, biopori, tempat sampah dan bibit tanaman.

Sedangkan dari aspek sumber daya manusia, DLH selalu memberikan motivasi, semangat, sosialisasi, pembinaan dan evaluasi. Dalam pembinaan DLH bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan untuk menumbuhkan kepedulian dan tanggung jawab kepala sekolah, guru, wali murid dan siswa-siswanya terhadap pengelolaan lingkungan di sekolah.

Pembinaan sekolah Adiwiyata meliputi tiga jenjang, antara lain Jenjang SD / MI, Jenjang SMP / MTs dan Jenjang SMA / SMK / MA. Beberapa prestasi kejuaraan tingkat Propinsi DIY antara lain : Jenjang SD / MI, Juara I, SD Islam Al Azhar 31, Juara Harapan I, SD Negeri Kaliduren. Jenjang SMP / MTs Juara I, SMP Negeri 1 Ngemplak, Jenjang SMA / SMK / MA, Juara I, SMA Negeri 1 Kalasan, Juara II, MA Negeri Maguwoharjo, Juara III, SMA Negeri 1 Minggir.

Sedangkan prestasi yang cukup membanggakan di bidang lingkungan hidup, adalah kejuaraan sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, sebagai Juara I: SMA Negeri I Cangkringan dan Juara II: SMA Negeri I Kalasan.

Dengan prestasi tersebut DLH mengapresiasi positif terhadap semangat, motivasi dan kerja keras dari Kepala Sekolah SMA N 1 Cangkringan dan SMA N 1 Kalasan. Untuk mengetahui pembinaan teknis lebih lanjut, acara kunjungan kerja dilanjutkan ke SMA N 1 Cangkringan Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *