Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang untuk tahun ini mengambil tema “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”, dalam laporannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Ir, Dwi Anta Sudibya, M.T.  menegaskan bahwa ini merupakan momentum bagaimana membangun kesadaran bersama untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, Meningkatkan peran aktif dan langkah-langkah pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengelolaan sampah, Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang permasalahan dan solusi untuk mengatasi mulai dari sumbernya dan Membangun sinergi upaya pemerintah/pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengelolaan sampah

Adapun rangkaian kegiatannya antara lain Gerakan Bersih Desa se Kecamatan Berbah membersihkan sampah liar, sampah pinggir sungai dan bersih-bersih lingkungan di Dusun Munggon Sendangtirto Berbah Sleman, dilaksanakan oleh warga masyarakat sekitar bersama Forum Komunitas Peduli Lingkungan, pada hari tgl 03 Maret 2019. Sarasehan Hari Peduli Sampah Nasional dengan tema “Dialog Peduli Sampah“ dengan Bupati Sleman dan narasumber Kepala P3EJ, pada hari Jum’at, 08 Maret 2019. Evakuasi Sampah Liar di Dusun Krikilan, pada hari Jumat, 08 Maret 2019. Edukasi Daur Ulang Sampah, Lomba Kolase atau kaya seni kolase  oleh siswa siswi TK dan Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah oleh siswa siswi SD kelas lll, IV dan V.

Puncak acara peringatan HPSN Kabupaten Sleman dilaksanakan di Kebun Bambu, Dusun Krikilan, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah. Acara dihadiri kurang lebih 200 tamu undangan yang terdiri dari kepala Organisasi Perangkat Daerah, camat, kepala desa, kepala dusun, perangkat desa, Kelompok   Pengelola Sampah  Mandiri  (KPSM), Komunitas Peduli Sungai dan Komunitas Peduli Lingkungan dan masyarakat untuk  gerakan aksi bersih sampah dan lingkungan.

Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut Ibu Wakil Bupati berkenan memberikan sambutan pengarahan tentang pengelolaan sampah, antara lain pengurangan sampah plastik, seperti penyajian snack tidak dibungkus dengan plastik, belanja ke pasar dengan membawa tas dari rumah, juga penjelasan mengenai 3R (reduse, reuse, recycle), demikian pula ajakan untuk tidak membuang sampah di sungai. Pada kesempatan ini hadir pula narasumber yang dihadirkan dalam Dialog Peduli Sampah adalah Kepala Pusat Pengendalain Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) yang menyampaikan tentang pengelolaan sampah di Kabupaten Sleman.

 

 

 

 

Foto-foto Rangkaian Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *