Kendalikan Air Limbah Dengan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S)

Pengolahan air limbah  adalah sesuatu yang jarang kita pikirkan. Kita sering menggunakan kamar mandi, toilet, tetapi jarang memikirkan kemana perginya air setelah digunakan. Ketika air yang digunakan dialirkan ke toilet, ke saluran pembuangan dari bak mandi atau wastafel dan berjalan melalui banyak saluran air dan pipa hingga mencapai selokan. Sistem ini bertanggung jawab untuk membawa air limbah jauh dari rumah kita tanpa mencemari lingkungan sekitar.

Dalam rangka pencegahan mengurangi pencemaran air limbah di Kabupaten Sleman, di Desa Wonokerto, Turi dilaksanakan sosialisasi rencana pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) skala individu. Narasumber dari acara tersebut berasal dari Dinas Lingkungan Kabupaten Sleman dan Sanitarian Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Adapun peserta sosialisasi  adalah  kepala desa dan calon penerima manfaat atau warga yang akan menerima bantuan SPALD-S  sejumlah 89 kepala keluarga. (Jumat, 08/02/2019).

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyampaikan program DLH terkait rencana pembangunan SPALD-S skala individu yang kedepannya akan semakin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Desa Wonokerto ,Turi, Kabupaten Sleman

Respon dari masyarakat sangat positif, semua peserta menerima dengan senang hati dan siap berkontribusi dengan cara membeli kloset sendiri.