IDENTIFIKASI SUNGAI MELALUI SUSUR SUNGAI BERSAMA MASYARAKAT DAN STAKEHOLDER

Pada dasarnya sungai tidak dapat dijadikan sebagai pilihan tempat pembuangan segala jenis limbah yang belum melalui proses pengolahan sesuai persyaratan dan memenuhi baku mutu yang berlaku. Namun, sebagian masyarakat masih menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu, baik limbah cair maupun padat domestik, sehingga membuat kondisi sungai menjadi kotor, tercemar dan ekosistem hingga ekologinya menjadi terganggu.

Beberapa sungai yang berada di wilayah Kabupaten Sleman merupakan hulu yang memiliki peran dan kontribusi yang penting bagi zona tengah dan hilir yang membelah Kota Yogyakarta sampai Kabupaten Bantul, sehingga diperlukan kesadaran, kepedulian dan tindakan dari pemerintah yang didukung oleh masyarakat dan stakeholder yang berpartisipasi melakukan konservasi Daerah Aliran Sungai demi terjaganya pendayagunaan dan pengendalian Sumber Daya Air.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman bersama Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) dan Komunitas Peduli Sungai yang berada di masing-masing wilayah sungai di Kabupaten Sleman mengadakan kegiatan Susur Sungai yang bertujuan untuk mengidentifikasi sumber pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai, mengidentifikasi mata air, tanaman dan biota air yang ada di sekitarnya. Selain itu, tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah membangun penguatan komunitas pada pengelolaan sungai berbasis masyarakat untuk mewujudkan sungai yang terjaga ekosistem dan ekologinya agar tetap asri dan lestari.

 

Susur sungai telah dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali pada Bulan November Tahun 2019, yaitu:

  1. Sungai Kali Adem di Padukuhan Daleman, Desa Girikerto, Kecamatan Turi dilaksanakan pada Selasa, 12 November 2019 bersama Komunitas Sedulur Uceng.
  2. Sungai Kali Mlinthing dan Sungai Kali Krasak di Padukuhan Kantongan B, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel dilaksanakan pada Rabu, 13 November 2019 bersama Komunitas Penggiat Sungai Kali Krasak.
  3. Sungai Kali Tepus di Padukuhan Kiyaran, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan dilaksanakan pada Minggu, 17 November 2019 bersama Komunitas Sungai Kali Tepus dan partisipasi dari anggota Saka Kalpataru Sleman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *