HUT ke-3 Tahun Sekaligus Pengukuhan Pengurus Baru Forum Komunitas Sungai Sleman

Sleman (25/01) Pada hari ini, tepat tiga tahun sudah terbentuknya forum komunitas sungai Sleman (FKSS). Peringatan ini dilaksanakan berupa kegiatan sarasehan serta pengukuhan pengurus FKSS 2021-2023 yang bertempat di Bantaran Kali Kuning, Sempu Wedodomartani, Ngemplak, Sleman.

Dok. Saka Kalpataru Sleman
Dok. Saka Kalpataru Sleman

Kegiatan dihadiri oleh beberapa elemen seperti Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Dinas perikanan & kelautan DIY, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Balai Pelestari Daerah Aliran Sungai DIY, Pusat Pengendalian Pusat Ekoregion DIY, Camat Ngemplak, Lurah Wedodomartani, Koramil , Polsek, Karang taruna sleman, Karang taruna wedodo martani serta kumpulan dari komunitas penggiat sungai di seluruh Kabupaten Sleman.

Dikukuhkannya Kak Irawan AG selaku ketua FKSS dan seluruh pengurus FKSS periode 2021-2023 oleh kak Purwoko Sasmoyo ST., M.M Selaku Ketua Bidang Pengendali Lingkungan Hidup DLH Sleman. Dalam sambutannya beliau berharap kedepannya agar komunitas sungai sleman bisa lebih banyak lagi khususnya di wilayah Sleman Barat dan dari komunitas-komunitas tersebut dapat menyelenggarakan kegiatan secara rutin tanpa harus bergantung pada Instansi karena ini merupakan tugas kita bersama khususnya masyarakat yang berada di wilayah sungai itu sendiri, sehingga sungai yang ada di sleman akan terus terjaga kelestariannya.

Dok. Saka Kalpataru Sleman
Dok. Saka Kalpataru Sleman

Setelah adanya pengukuhan dilanjutkan dengan sarasehan. Di dalam sarasehan ini terdapat diskusi dan informasi-informasi dari berbagai instansi mengenai bagaimana cara agar dapat merawat dapat lingkungan secara bersama-sama. Saat ini tercatat ada sejumlah 48 Komunitas Sungai yang ada di sleman. Dan di tahun 2021 ini akan ada 25 lokasi yang akan diadakan kegiatan bersih sungai yang tersebar di wilayah kabupaten sleman. Semoga seluruh elemen dapat terlibat dan bersinergi bersama untuk menjaga sungai kita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *