Hari Cinta Puspa dan Satwa

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada tanggal 5 November 2019 rutin diperingati setiap tahun. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Jumat, 22 November 2019 melaksanakan acara penanaman pohon dan pelepasan satwa di Dusun Jurugan, Bangunkerto, Turi dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa.

Setelah acara penanaman pohon dan pelepasan satwa, tamu undangan disambut dengan tari cinta lingkungan dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Bupati Sleman pada sambutannya yang disampaikan oleh Sekertaris Daerah menyatakan

“Realita di lapangan menunjukkan bahwa pada saat ini masih banyak masyarakat kita yang melakukan aktivitas yang mengancam keberadaan dan kelestarian puspa dan satwa yang dilindungi.”

Oleh karena itu, kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap flora dan fauna perlu ditingkatkan, salah satunya melalui pelepasan Burung Perkutut dan Burung Trothokan secara simbolis serta pembagian bibit tanaman Parijoto yang merupakan ikon Kabupaten Sleman pada peringatan Hari Cinta puspa dan Satwa ini.

“Pada saat ini generasi muda adalah generasi Milenial yang notabene merupakan generasi penerus bangsa, harus mengenali kekayaan, keanekaragaman dan kelestarian alamnya,” lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman,

Dengan berbekal ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi generasi muda dapat menjadi agen perubahan dengan memulai dari diri sendiri untuk tidak mencemari habitat puspa dan satwa.

Acara yang terakhir adalah pembagian penghargaan bagi para prestator di Bidang Lingkungan Hidup yaitu Lomba Adiwiyata, Lomba Lingkungan Hidup (KALPATARU), dan Lomba Sanitasi Award.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *