Dusun Barongan Menuju Ruang Terbuka Hijau

Terkait tentang Pengelolaan Lingkungan kepada masyarakat Dusun Barongan, Desa Manyurejo, Kec. Tempel, pada hari Rabu (11/03/2020) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman mengadakan sosialisasi Ruang  Terbuka Hijau yang diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari perwakilan perangkat desa dan warga Barongan. Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi ini diantaranya dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Karman A.Md, dan Irawati perwakilan dari KESBANGPOL Kabupaten Sleman. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat, warga dan perangkat desa terkait tentang pentingnya dalam melestarikan, mengelola dan menjaga kelestarian lingkungan khusunya di Dusun Barongan.

Acara ini dibuka oleh perangkat desa dan perwakilan dari KESBANGPOL Kabupaten Sleman,  Irawati dan kemudian diisi oleh narasumber utama, yaitu perwakilan dari DLH Kabupaten Sleman, Karman A.Md. Sebagai pengantar, Irawati menghimbau kepada warga Barongan agar selalu menjaga kelestarian lingkungan terutama dalam menjaga kualitas air, yaitu dengan cara mengelola sampah rumah tangga dan tidak membuang sampah atau limbah ke sungai. Irianti juga menghimbau warga untuk menanam pohon. Adapn tujuan dilakukannya penanaman pohon adalah untuk menjaga kualitas udara, tanah dan ketersediaan air untuk dimasa yang akan mendatang sebagai upaya dalam pelestarian dan pengelolaan lingkungan.

Berdasarkan UU No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap orang berhak mendapatkan pendidikan atau pengetahuan mengenai lingkungan hidup. Oleh karena itu sebagai narasumber utama, Karman A.Md., dalam pemaparannya  menjelaskan kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga dan pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu juga menjelaskan  bagaimana cara dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya ekosistem, kualitas air, udara dan tanah agar dapat tetap terjaga kelestariannya.

Sebagai upaya dalam melestarikan kualitas air, udara, tanah dan lingkungan yaitu dengan menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Karman A.Md menjelaskan, fungsi dan manfaat dalam upaya melestarikan, mengelola lingkungan diantaranya dapat menyerap karbon dioksida, menyerap air hujan serta berfungsi sebagai penyerap polutan media udara, air dan tanah. Pentingnya kesadaran terhadap adanya Ruang Terbuka Hijau ini diharapkan dapat memberikan efek yang baik bagi lingkungan serta masyarakat itu sendiri dalam menjaga kelangsungan ekosistem dan kelestarian lingkungan hidup yang sehat, baik pada masa saat ini dan untuk dimasa yang akan datang.

Acara dalam kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan pemberian bibit pohon diantaranya pohon manggis dan pohon duku kepada warga yang hadir sebagai langkah awal dalam upaya pelestarian lingkungan. Diharapkan juga dengan pemberian bibit pohon ini dapat mendukung dalam menciptakan Ruang Terbuka Hijau yang sehat dan nyaman, khususnya di Dusun Barongan, Desa Banyurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Seleman, Yogyakarta.