Dinas Lingkungan Hidup Sleman Resmikan IPAL Rumah Batik

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman Ir Dwi Anta Sudibya MT meresmikan beroperasinya Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) Rumah Batik Ayu Arimbi di Pedukuhan Plalangan, Pendowoharjo, Sleman, Jumat (13/12/2019) pagi. Acara peresmian diawali dengan penandatanganan prasasti serta penyerahan kunci kepada salah satu pengurus rumah batik tersebut.

Menurut Dwi Anta Sudibya, setiap rumah produksi atau industri lain yang berpotensi menghasilkan limbah harus dilengkapi dengan IPAL, terlebih industri batik yang dalam proses produksinya menghasilkan banyak limbah cair. Hal ini dimaksudkan agar keluaran air limbah sudah terolah sebelum dibuang ke lingkungan dan harus sesuai baku mutu yang sudah ditetapkan.

Kenduri bersama Kepala Disperindag Sleman, Kepala DLH Sleman, Camat Sleman dan warga Desa Pendowoharjo, sebagai penanda dimulainya operasional IPAL Rumah Batik, Jumat (13/12/2019). Foto: AG Irawan

“Rumah Batik Ayu Arimbi ini sudah dibangun IPAL-nya. Bahkan dalam pelaksanaan pembangunannya mendapat dukungan anggaran dari DLH Sleman tahun 2019 sebesar Rp 500 juta lebih. Karena itu harus segera dimanfaatkan agar mampu menjadi rumah produksi bersih, artinya ramah terhadap lingkungan,” kata Dwi Anta Sudibya seperti AG Irawan, Ketua FKSS, dalam rilis yang dikirim ke Redaksi Bernasnews.com, Minggu (15/12/2019)

Ketua Rumah Batik Ayu Arimbi Tatik Susilowati sangat mengapresiasi adanya IPAL tersebut. Ia berharap  produksi batik yang dirintis bersama warga setempat sejak 2013 lalu itu, mampu menjadi industri yang ramah lingkungan. Apalagi sejumlah produksi batiknya sudah mampu menembus pasar Amerika Serikat & Jerman.

Kasie Pengendalian Pencemaran dan Pemulihan Lingkungan Hidup DLH Sleman Ir Sapto menunjukkan bamgunan IPAL Rumah Batik Ayu Arimbi, Sleman, Jumat (13/12/2019). Foto: AG.Irawan

“Batik tulis kami memang ada yang menggunakan bahan pewarna alami, yakni daun bambu. Namun tetap saja menghasilkan limbah. Dengan adanya IPAL ini semoga tidak mencemari lingkungan,” kata  Tatik Susilowati. Acara peresemian IPAL rumah batik ersebut diakhiri dengan kenduri bersama warga yang diikuti pula oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Dra RR Mae Rusmi Suryaningsih MT, jajaran dan Staf DLH Sleman, Camat Sleman serta perangkat desa setempat. (*/lip).

Sumber : www.bernasnews.com