Cerdas Cermat Lingkungan Hidup 2018 untuk siswa SMP/MTs DAN SMA/SMK/MA

Dengan makin majunya teknologi dan tuntutan kebutuhan manusia yang selalu bertambah, sehingga manusia secara serakah mengeksplorasi potensi alam sebesar-besarnya. Akibatnya, terjadilah kerusakan, terjadi pengurangan populasi, bahkan yang lebih parah adalah terjadinya pencemaran. Hal inilah yeng kemudian menimbulkan masalah lingkungan dari yang ringan hingga serius yang perlu penanganan intensif.

Sampah menjadi salah satu permasalahan lingkungan yang perlu mendapat perhatian yang serius. Hal ini disebabkan karena dari setiap aktivitas manusia akan dihasilkan sampah.

Dahulu, ketika sampah yang dihasilkan adalah sampah organik, maka tidak menjadi permasalahan, karena alam mampu mengolahnya menjadi bahan yang berguna.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka sampah anorganik lebih dominan daripada sampah organik.

Ini yang kemudian menjadi permasalahan lingkungan, volume yang sampah yang dibuang ke alam manjadi semakin besar. Akibatnya menimbulkan banjir, pencemaran air, tanah dan udara, timbulnya berbagai penyakit dan lain-lain.

Persoalannya adalah permasalahan lingkungan bukan hanya bersifat lokal, tetapi nasional bahkan  global dan saling berkaitan. Apabila satu aspek dari lingkungan terkena masalah, maka berbagai aspek lainnya akan mengalami dampak atau akibat. Demikian juga dengan sampah. Agar mempunyai rasa peduli dan tergerak untuk menciptakan lingkungan hidup menjadi lebih baik dengan cara memulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan sederhana dan mulai dari sekarang.

Interaksi yang dinamis namun harmonis antara mahluk hidup dan lingkungannya akan membentuk suatu tatanan ekosistem yang seimbang. Kondisi ini akan berujung pada keselarasan hidup semua organisme di bumi. Sehingga, tercipta tempat yang nyaman bagi manusia dan organisme untuk tinggal dan hidup.

Di dalam pidato pembukaan Cerdas Cermat Lingkungan Hidup Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Drs. Purwanto. MSi mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman  sangat berkepentingan untuk mengenalkan dan meningkatkan pengetahuan lingkungan hidup di dunia pendidikan, salah satunya  melalui kegiatan lomba cerdas cermat bidang lingkungan hidup untuk  tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Dengan harapan bahwa dengan semakin banyak siswa sekolah peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup maka semakin banyak pula anak didik dikemudian hari yang bertanggung jawab terhadap pelestarian  lingkungan hidup  sehingga cita – cita pembangunan berkelanjutan dapat terwujud.
Ac

Disamping itu, sekolah diharapkan berperan aktif dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup, baik dalam membudayakan  pola hidup yang ramah lingkungan, pengelolaan sampah, eko efisien, pelestarian satwa, konservasi dan penghijauan. Bapak Kepala Dinas LH pun berharap agar Bapak dan Ibu Guru masing2 sekolah dapat memberikan bimbingan, arahan dan pendampingan kepada anak didik  tentang pentingnya pengelolaan lingkungan hidup,  yang pada akhirnya akan tertanam budaya/kebiasaan untuk hidup bersih, sehat dan berwawasan lingkungan.
Sedangkan kepada anak siswa/siswi, Pak Drs. Purwanto. MSi mempunyai harapan besar bahwa peranserta dan kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup akan membuat lingkungan tetap hijau, lestari dan bersahabat. Agar ke depan, lingkungan yang didiami bukan menjadi lebih buruk tetapi menjadi lebih baik, lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali.

Lomba Cerdas cermat yang diselenggarakan selama 4 hari tersebut berakhir dengan hasil yaitu dari jumlah peserta yang berjumlah 37 sekolah Juara I diraih oleh SMK Negeri 2 Depok dengan nilai 2.400, Juara ke II dari SMK Negeri 2 Ngaglik dengan nilai 1.300, Juara III SMK Negeri 1 Sleman dengan nilai 1.100 serta Juara Harapan I yang di raih oleh SMK Negeri 1 Godean dengan nilai 1.000 dan Juara Harapan II dengan nilai 500 yang diraih oleh SMA IT Bina Umat.