Anggota Krida 3R Saka Kalpataru Sleman Lakukan Persentasi PKL

Sebanyak kurang lebih 20 anggota dan calon anggota yang tergabung dalam krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle) melaksanakan presentasi hasil PKL (Praktek Kerja Lapangan) pada hari Minggu, 1 Agustus 2021 melalui media virtual Zoom Meeting.

Objek pengamatan observasi yang diberikan kepada anggota dan calon anggota Saka Kalpataru Sleman pada Krida 3R adalah pengamatan pengelolaan Bank Sampah yang tersebar di wilayah Kabupaten Sleman dan tercatat di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman.

Turut hadir pula dalam kegiatan presentasi ini, Kak Totok Triyadi, S.Si, dan Kak Dany Nur Fadliani, S.T. selaku Pamong Saka Kalpataru Cabang Sleman.

Seluruh kegiatan terkait Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan sebelum diterapkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak Juni 2021 lalu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kak Taufiq Andi Wibowo selaku Ketua Dewan Saka Putra Saka Kalpataru Sleman.

Dalam sambutannya Kak Taufiq menyebutkan bahwa, pihaknya memberikan ucapan selamat kepada anggota maupun calon anggota yang tergabung dalam Krida Perubahan Iklim dan 3R , karena telah menyelesaikan praktek kerja lapangan yang baru dilaksanakan pertama kalinya.

“PKL yang dilaksanakan tahun ini menjadi menarik karena dilaksanakan secara mandiri” lanjut Kak Taufiq.

“Ketika kakak-kakak turun langsung ke lapangan dalam melaksanakan PKL maka tampak disitulah peran Pramuka yang nyata di tengah pandemi ini”, ungkapnya.

Kegiatan presentasi hasil PKL hari ini dibuka langsung oleh Kak Totok Triyadi, S.Si. Dalam sambutannya, Kak Totok menyampaikan bahwa pihaknya secara pribadi mengucapkan apresiasi terhadap Dewan Saka Kalpataru yang walau di tengah keterbatasan, dapat tetap melaksanakan program kerja yang telah direncanakan.

“Laporan PKL, jangan hanya berhenti pada pembuatan laporan tetapi juga dilanjutkan dengan evaluasi program PKL baik kekurangan maupun kelebihannya.” Lebih lanjut Kak Totok

Dalam akhir sambutannya beliau berharap agar Dewan Saka Kalpataru terus berinovasi dalam membuat program kerja yang inovatif walau dilaksanakan di tengah pandemi.

Presentasi yang dipaparkan oleh anggota maupun calon anggota Saka Kalpataru yang tergabung dalam krida 3R terbagi dalam 3 kelompok, kemudian masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil observasinya.

Berdasarkan presentasi yang disampaikan dapat disimpulkan bahwa, beberapa bank sampah yang telah didatangi mengalami kendala keaktifan nasabah dalam memasukkan sampah rumah tangganya ke dalam bank sampah, selain itu pula kesadaran masyarakat dalam memilah sampah yang masih kurang.

Mengesampingkan semua kendala yang ada, kehadiran bank sampah di lingkungan memeberikan beberapa manfaat nyata seperti menciptakan lingkungan yang bersih, selain itu bank sampah juga dapat menjadi sarana pemberdayaan kegiatan masyarakat.

Karunya Saka L.