Aksi Sejuta Tangan Untuk Merti Bumi, "World Cleanup Day"

Peringatan World Cleanup Day Kabupaten Sleman digelar pada hari Sabtu (15/9/2018) di Wisata Lava Bantal Kecamatan Berbah melibatkan berbagai lapisan masyarakat diantaranya FORMEKERS, Saka Pariwisata, Saka Wirakartika, Muspika Kecamatan Berbah, Duta Mahasiswa DIY, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sleman, Dinas Kesehatan Kab. Sleman, Dinas Pariwisata Kab. Sleman, Masyarakat, Volunteer dll.

Acara di buka oleh Wakil Bupati Sleman Hj. Sri Muslimatun, M.kes, dimulai dengan pembagian titik wilayah pembersihan sampah, diantaranya sekitar tempat wisata Lava Bantal dan Embung Kalitirto. Rangkaian acara bersih-bersih dengan memunguti, mengumpulkan sampah anorganik yang berserakan di lingkungan sekitar yang nantinya sampah terkumpul akan diangkut dengan dump truck sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sleman.

Diantara serangkaian acara, panitia menyiapkan lembaran kain yang akan digunakan aksi cap tangan sebagai tanda Aksi Sejuta Tangan untuk Merti Bumi. Dengan adanya acara ini diharapkan lebih banyak masyarakat yang peduli akan kebersihan lingkungan sekitar. Dalam sambutan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sleman yang diwakili Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan RTH, Junaidi, S.ST menyampaikan bahwa DLH mendukung acara tersebut dengan  melaksanakan berbagai upaya bersih sampah antara lain mulai dari pengurangan, pemilahan, pemanfaatan, pengolahan sampah, melaksanakan hari peduli sampah nasional, acara gropyok sampah dengan masyarakat, car free day, dan acara hari lingkungan hidup di Desa Pendulan, Sumberagung, Moyudan. Acara World Cleanup Day di Kabupaten Sleman dilaksanakan ditiga titik lokasi yaitu:

  1. Taman Wisata Lava Bantal, Kalitirto, Berbah.
  2. Selatan Monjali Jongkang, Sariharjo, Ngaglik.
  3. Desa Wisata Nggrogol, Margodadi, Seyegan.

Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sleman mengapresiasi kegiatan bersih sampah serentak tersebut, dan berharap kegiatan ini tidak berhenti dan selesai sampai disitu saja, diprogramkan secara rutin dan berkelanjutan. Rangkaian acara dilanjutkan sarahsehan dipandu aktivis lingkungan Agus Haryono dengan narasumber Suryantana, BE, Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan DLH Kab. Sleman.