Adakan Kunjungan IPAL Berbah, Saka Kalpataru Sleman Dapat Bermain Sambil Belajar

Pada hari Jumat (28/05) Satuan Karya Kalpataru Kwartir Cabang Sleman adakan Kunjungan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Kawasan Skala Pemukiman Berbah. Kegiatan edukasi ini berada di Dusun Sonosari Tegaltirto Berbah Sleman yang di ikuti oleh Calon Anggota, Anggota Saka serta di hadiri oleh Pinsaka Kalpataru Sleman, Seksi Pengelolaan Air Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sleman, Pamong Saka Kalpataru Sleman serta Perwakilan Dewan Kerja Cabang Sleman

Saat ini jumlah limbah cair di pemukiman semakin meningkat, sehingga menyebabkan bakteri E coli pun juga semakin tinggi. Hal ini menyebabkan pencemaran terhadap air bersih. Dengan adanya hal tersebut penting bagi kita untuk mengetahui cara pengelolaan air limbah agar dapat meminimalisir dampak negatif yang terjadi.

Dok. Saka Kalpataru Sleman

Kak Arif Wibowo, SKM., MM. selalu Pimpinan Satuan Karya Kalpataru pada saat memberikan arahan mengungkapkan bahwa Anggota dan Calon Anggota harapannya dapat mengetahui dan memahami proses Instalasi Pengelolaan Air Limbah sehingga bisa turut membantu dalam mengedukasi masyarakat dan juga di pangkalannya masing – masing mengenai IPAl ini.

“Dinas Lingkungan Hidup akan selalu mensupport kegiatan Saka Kalpataru yang sudah di rencanakan oleh Dewan Saka, Kemudian diharapkan dengan adanya kunjungan IPAl Berbah bisa menambah wawasan seputar pengolahan air limbah dan juga adik – adik dapat mendalami ilmu yang telah di dapatkan di dalam kridanya masing – masing” Terangnya.

Pembangunan IPAL Berbah yang berdiri kurang lebih 3 tahun ini di tujukan untuk pengendalian persebaran bakteri E-coli di pemukiman penduduk khususnya di Daerah Berbah. Saat ini IPAL berbah berkapasitas 1000 rumah warga dan telah melayani 750 rumah per-Mei 2021. Tentunya kedepan IPAL ini akan terus ditingkatkan kemampuannya sesuai dengan kondisi dan kepadatan penduduk di Kecamatan Berbah.

Di tempat pengelolaan air limbah ini juga dibuat taman yang begitu nyaman sehingga membuat kami betah ketika mendalami pengetahuan mengenai IPAL. Jadi disini kita dapat bermain, berfoto dengan spot sangat indah, tentu juga mendapatkan banyak wawasan. (Yus)

Dok. Saka Kalpataru Sleman