Sinergi Satuan Karya Pramuka Dalam Membina Generasi Milenial Saka Pramuka Dinas Lingkungan Hidup

Sabtu (29/2). Satuan Karya Kalpataru menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Pimpinan Saka se-Kabupaten Sleman bertempat di Sanggar Bakti Saka Kalpataru Sleman, UPTD Pelayanan Persampahan Kabupaten Sleman. Saka Kalpataru yang dibina oleh Dinas Lingkungan Hidup diwakili oleh Kak Arif Wibowo, SKM. MM. selaku Pimpinan Saka Kalpataru (Kasi P2KL) sekaligus memberikan sambutan tuan rumah. Satuan Karya merupakan wadah pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega (usia 16 s.d. 25 tahun) sesuai minat dan bakat.

Pertemuan yang telah terselenggara 10 kali tersebut membahas pencapaian program kerja oleh masing-masing satuan karya. Hadir dalam Rakor Pinsaka X terdiri dari 7 Pimpinan Saka tingkat Cabang (Saka Bhayangkara, Saka Kalpataru, Saka Pariwisata, Saka Kencana, Saka Kominfo, Saka Pengawasan Obat dan Makanan, dan Saka Bakti Husada) di Kwartir Cabang Sleman. Rapat dipimpin oleh Kak Bambang Pamungkas selaku Andalan Cabang Urusan Satuan Karya Pramuka Kwarcab Sleman.

Sinergi dan kolaborasi Satuan Karya diperlukan dalam rangka menyongsong kegiatan unggulan Kwarcab Sleman yaitu Wirapati Scout Festival dan Pameran Potensi Saka yang direncanakan akan digelar di salah satu pusat perbelanjaan di Sleman bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-59. Kegiatan itu akan menampilkan potensi krida (kelompok latihan terkecil dalam Saka) dan anjungan pameran Saka.

Pembinaan generasi milenial melalui Satuan Karya terbukti dapat mendekatkan minat dan bakat pemuda dengan cita-cita, seperti Saka Bhayangkara yang dibina oleh Polres Sleman yang tiap tahunnya mampu  mengantarkan anggota Saka menjadi Polisi. Begitu juga di Saka lain yang mampu mendukung keterampilan professional, ujar Kak Dias Oktri Raka Setiadi (Ketua Dewan Kerja Cabang Sleman).

Resiko bencana di Kabupaten Sleman sebagai kawasan yang berada di lereng Gunung Api Merapi dengan status level 2 (waspada) tentunya akan selalu ada. Maka sebagai bentuk pengabdian Gerakan Pramuka melalui Krida di Saka yang berkaitan dengan penanggulangan bencana menjadi penting untuk selalu bersiap siaga terhadap ancaman bencana. Apel Kesiapsiagaan Bencana akan kembali dilaksanakan pada awal Bulan Maret untuk mendata potensi dan sinergi elemen Pramuka Sleman. (taufiq-sakakalpatarusleman)