Pelatihan Memanfaatkan Sampah Rumah Tangga Untuk Budidaya Maggot

Jumat, 21 Mei 2021 bertempat di TPS 3R Randu Alas, Sardonoharjo, Sleman, sebanyak kurang lebih 25 orang yang terdiri dari anggota dan calon anggota Saka Kalpataru Cabang Sleman mengadakan pelatihan budidaya maggot.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Pinsaka Kalpataru Cabang Sleman, Kak Purwoko Sasmoyo ST., MM. Dalam sambutannya, Kak Purwoko menyampaikan bahwa pihaknya mewakili Saka Kalpataru mengucapkan terimakasih kepada pengelola TPS 3R Randu Alas yang telah berkenan menerima Saka Kalpataru Cabang Sleman untuk dapat belajar bersama langsung seputar budidaya maggot. “Saya berharap kepada seluruh anggota maupun calon anggota yang hadir kali ini untuk dapat menerapkan kembali apa yang telah dipelajari hari ini tentang budidaya maggot.” lanjut Kak Purwoko.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyampaian sekilas tentang TPS 3R Randu Alas, oleh Pak Joko Tri Waluyo selaku ketua TPS 3R Randu Alas. Disebutkan bahwa TPS 3R Randu Alas adalah tps yang memiliki peran mengurangi, menanggulangi dan memanfaatkan kembali sampah yang berasal dari rumah tangga seputar tps.Dok. Saka Kalpataru Sleman

Lebih lanjut pula, sampah rumah tangga yang berasal dari rumah warga, dimanfaatkan sebagai media dari budidaya maggot.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang budidaya maggot, para anggota dan calon anggota Saka Kalpataru yang ikut serta, langsung diajak menuju tps dan tempat pembudidayaan maggot.

Pembudidayaan maggot ini selain bermanfaat karena dapat dikonsumsi karena proteinnya yang tinggi maupun menjadi pakan ternak, maggot ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Pelatihan budidaya ini ditutup dengan diskusi ringan dan juga pembahasan mengenai seluk beluk tentang pembudidayaan maggot. Seluruh rangkaian acara tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, pemeriksaan suhu, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Karunya Saka Listianto

Dok. Saka Kalpataru Sleman
Dok. Saka Kalpataru Sleman